Kamis, 10 Oktober 2013

Konsep Pengodean

Filled under:

Karakter data yang akan dikirim dari suatu titik ke titik lain tidak dapat dikirimkan secara langsung. Perlu proses pengkodean pada setiap titik.dengan kata lain, karakter – karakter data tersebut harus di kodekan terlebih dahulu dengan kode yang di kenal oleh setiap terminal yang ada.
Tujuan dari setiap pengodean adalah menjadikan setiap karakter dalam sebuah informasi digital ke dalam bentuk biner agar dapat di transmisikan. Suatuterminal yang berbeda menggunakan kode biner yang berbeda untuk mewakili suatu karakter.
Computer yang 1 byte terdiri dari 4 bit menggunakan kode biner yang berbentuk 4 bit ,yaitu BSD (binary coded decimal ). Computer yang menggunakan 6 bit untuk 1 byte-nya menggunakan kode biner yang terdiri dari kombinasi 6 bit yang SBCDIC (standart binary coded decimal intercharge code).komputer yang 1 byte terdiri dari 8 bit ,menggunakan kode biner yang terdiri dari kombiasi 8 bit ,yaitu EBCDIC (extended binary coded decimal intercharge code ). Atau ASCII (American standart code for information intercharge ). Pada dasarnya kode – kode yang sering di gunakan pada system komunikasi data dan di kenal oleh berbagai terminal di antaranya adalah kode tujuh bit (ASCII dank ode EBCDIC).
KODE – KODE
Kode –kode yang digunakan untuk keperluan komunikasi data pada system computer sejak computer di temukan sampai pada komunikasi data modern memiliki perbedaan dari generasi ke generasi. Hal ini di sebabkan semakin besar kompleknya data yang akan di kirim ataw di pergunakan .
Secara umum ada beberapa kode yang di gunakan dalam komunikasi data , diantarnya adalah :
  1. BCD (Binary coded decimal)
  2. SBCDIC (standart binary coded decimal intrcharge code)
  3. EBCDIC(extendet binary coded decimal intrcharge code)
  4. BOUDOT
  5. ASCII  (American standart code for information intercharge )
Kode – kode itu di gunakan dalam proses pengompresian  sumber data analog maupun digital menjadi sinyal digital yg di sebut sebagai proses encoding dan decoding . bentuk sinyal yg di hasilkan tergantung pada teknik penyandian dan media transmisi yang digunakan.

BCD
BCD (Binary coded decimal) meupakan kode biner yang digunakan hanya untuk mewakili nilai digit decimal dari 0 – 9 .BCD menggunakan kombinasi 4 bit sehingga ada 16 (2/4)kombinasi yang di peroleh dan hanya 10 kombinasi yang di gunakan.
Kode BSC sudah jarang di gunakan untuk computer dan transmisi data sekarang in karena tidak dapat mewakili huruf atau symbol karakter khusus. BSC hanya di gunakan oleh kompuer generasi pertama.
Tabel :

BCD 4 bit
Digit decimal
0000
0
0001
1
0010
2
0011
3
0100
4
0101
5
0110
6
0111
7
1000
8
1001
9
 

0 komentar:

Posting Komentar