Jumat, 11 Oktober 2013

(02) Data Mining

Filled under:

***Manfaat Data Mining***
Data Mining merupakan cabang ilmu yang termasuk masih baru tetapi telah menghasilakn keuntungan yang cukup besar saat ini. Manfaat yang dirasakan dengan penggunaan Data Mining sudah tidak diragukan lagi. Beberapa kasus telah banyak diselesaikan dengan menggunakan teknik data mining ini. Misalnya kasus peledakan gedung WTC oleh teroris ternyata telah terdeteksi oleh pihak Amerika Serikat, hanya saja sayangnnya terlambat untuk diantisipasi.

Data Mining sudah sering dimanfaatkan untuk mendeteksi kejadian-kejadian yang ganjil seperti penyakit tertentu, transaksi yang mencurigakan, hinga mendeteksi telepon yang dilakukan oleh pihak yang bermaksud menipu, seperti penyalgunaan kartu kredit. Pihak pasar swalayan pun saat ini sudah menggunakan teknik Data Mining untuk mengatur peletakan standar penjualan agar mempermudah pembeli dalam pergerakannya di dalamnya.

Saat ini sudah banyak vendor-vendor yang mengkhususkan diri dalam bidang Data Mining seperti SPSS, Microsoft, Oracle, dan lain-lain.Produknya pun beragam dari bidang ekonomi seperti Business Intellingent (BI), Business Performance Management (BPM), Customer Relationship Managemen (CRM), dan sebagainya hingga bidang kesehatan seperti Health Informatics, e-Health, dan sbg. Tentu saja bidang yang lain juga telah lama menerapkan Data Mining seperti Telekomunikasi, Meteorologi, Biologi dan lain-lain.
(Sumber: Penerapan Data Mining dng MATLAB-Prabowo Pudjo Widodo-Rahmadya Trias Handayanto-Herlawati)

0 komentar:

Posting Komentar