Rabu, 09 Oktober 2013

Model Sistem Komunikasi

Filled under:

Tujuan utama dari komunikasi data adalah untuk menukar informasi antara dua perantara .
  1. Data adalah sebuah gambaran dari kenyataan , komsep atau intruksi dalam bentuk formal yang sesuai untuk komunikasi,interpretasi atau proses oleh manunsia atau oleh peralatan otomatis.
  2. informasi adalah pengertian yang diperuntukan bagi data dengan persetujuan pemakai data tersebut.
definisi ini dapat menjelaskan tujuan kita, yaitu data dapat diidentifikasikan, data dapat digambarkan, data tidak perlu mewakili secara fisik; tetapi dari semua itu data dapat dan sebaiknya digunakan untuk menghsilkan informasi. hal ini juga berarti bahwa data untuk satu orang akan muncul sebagai informasi untuk yang lain. informasi ini terbentuk ketika data ditafsirkan

untuk menukar informasi diperlukan akses ke elemen data dan kemampuan untuk mentransmisikannya. informasi yang akan ditukar adalah sebuah pesan yang berlabel m. informasi ini diwakili sebagai data g dan secara umum ditujukan ke sebuah transmiter dalam bentuk suatu sinyal yang berubah terhadap waktu. sinyal g(t) di transmisikan. umumnya sinyal tidak akan dalam bentuk yang sesuai untuk transmisi dan harus diubah kesinyal s(t) yang sepadan dengan karakteristik medium transmisi. sinyal itu kemudian ditransmisikan melalui medium tersebut. pada akirnya sinyal r(t), yang mana mungkin berbeda dari s(t), diterima. sinyal ini kemudian diubah pesawat penerima kedalam bentuk yang sesuai untuk output. 

pengubahan sinyal g(t) atau data g adalah sebuah pendekatan atau perkiraan dari input. akhirnya peralatan output akan menampilkan pesan perkiraan tersebut, m, kepada perantara tujuan. contoh : electronic-mail(post elektronik) dan percakapan telepon. untuk kasus pada elektronik main, diketahui bahwa peralatan input dan transmiter adalah komponen dari komputer personal. perantara adalah pengguna yang akan mengirim sebuah pesan kepada penggunanya sebagai contoh "ujian mit semester dilaksanakan bulan maret" (m). karakter string ini adalah informasi.

pengguna lalu mengaktifkan electronic-mail pada PC dan memasukan pesan tersebut melalui keyboard (peralatan input). karakter string ini secara ringgkas disimpan pada memori utama (main memori). kita dapat memandangi sebagai rangkaian karakter (g) atau rangkaian bit-bit (g) dalam memori. PC ini dihubungkan dalam beberapa medium transmisi, seperti : local network tranceiver atau modem. data input akan ditransver ke transmiter sebagai rangkaian bit (g(t)) atau lebih tepat rangkaian voltage shift (g(t)) pada beberapa bus komunikasi atau kabel. transmiter dihubungkan langsung ke medium dan mengubah bit yang masuk (g(t)) menjadi sebuah sinyal (s(t)) yang sesuai untuk transmisi. 

Gambar 1.1 Diagram Blok Komunikasi Sederhana

  1. Sistem Sumber : merupakan kompenen untuk mengirimkan informasi , misalnya pesawat telepon dan PC (Personal Computer) yang terhubung dengan jaringan. Tugas sistem sumber adalah membangkitkan data atau informasi dan menempatkan pada media transmisi.
  2. Transmiter :  berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirim menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, misalnya pulsa listrik, gelombang eletromagnetik, PCM (Pulse Code Modulation) dsb. Sebagai contoh, sebuah modem bertugas untuk menyalurkan suatu digital bit stream dan suatu alat yang sebelumnya sudah dipersiapkan misalnya PC, dan mentransformasikan aliran bit tersebut sebagai sinyal analog yang dapat melintasi jaringan telepon.
  3. Sistem Transmisi :  merupakan jalur transmisi tunggal atau jaringan transmisi kompleks yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan. kadang sistem transmisi juga disebut sebagai pembawa data. sistem transmisi ini bisa kabel, gelombang elecromagnetik atau yang lain.
  4. Sistem Tujuan : merupakan sistem utama dengan sistem sumber tetapi berfungsi untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengabungkannya dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh sistem tujuan. contoh modem yang berfungsi sebagai penerima akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi aliran bit digital agar ditejemahkan oleh komputer.
hal-hal yang behubungan dengan komunikasi data diantaranya adalah :
  1. Media Transmisi
  2. Kapasitas Data 
  3. Tipe Saluran Transmisi 
  4. Mode Transmisi
  5. Protokol
  6. Check Error atau penanganan kesalahan transmisi 
Setiap informasi yang dikirimkan melalui media transmisi harus disesuaikan dengan media transmisi yang digunakan. proses penyesuaian ini disebut dengan modulasi. bila suatu sinyal diubah dalam bentuk modulasi maka sinyal tersebut bisa menempuh jarak yang jauh sedangkan untuk menerjemahkan sinyal yang sudah dimodulasi kembali ke bentuk semula proses tersebut disebut dengan demodulasi. media transmisi dapat berupa :
  1. Sepasang Kawat (Twisted Pair) tembaga dengan masing masing pasangan sekeliling satu sama lain. dengan membeli pasangan, hal itu akan menigkatkan mutu sinyal. terdapat dua jeni media ini, yaitu :
    a. UTP (Unshielded Twisted Pair)
    b. STP (Shielded Twisted Pair)
  2. Kabel Coaxial : sering digunakan sebagai kabel pengantar gelombang analog pada TV. kabel ini aga sulit digunakan dan harga ini lebih mahal dat Twisted Pair.
  3. Kabel Serat Optik : merupakan media yang memiliki kemampuan transfer data melebihi media twisted pair dan coaxial. media transmisi adalah cahaya 
  4. Gelombang Elektromagnetik : dibagi menjadi dua GUIDED dan UNGUIDED. pada media guided, gelombang dipanggil untuk menuju penerima dan merambat pada suatu media yang kasat mata seperti kawat tembaga, serat optik dsb. media unguided untuk mentrasnmisikan data tetapi tidak bertugas sekaligus memandu atau mengarahkan transmisi. contoh media transmisi untuk guideda adalah udara, atmosfer dan ruang angkasa.
TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar